Kamis, 08 Maret 2012

Tips Merawat Dan Menghemat Listrik


Tips Merawat Instalasi Listrik di Rumah
Dalam penyambungan listrik, kabel yang terpasang di Tiang Jaringan Tegangan Rendah (JTR), kabel Sambungan Rumah (SR) sampai ke Alat Pembatas dan Pengukur (APP – terdiri dari KWH Meter dan MCB atau Mini Circulate Breaker) adalah asset milik PLN. Sedangkan rangkaian kabel yang terpasang sebagai Instalasi Listrik rumah/bangunan adalah asset milik pelanggan.
Tips berikut akan membantu Anda untuk ikut peduli dan turut memelihara Instalasi Listrik :
  1. Pastikan Instalasi Listrik di rumah/bangunan milih Anda telah terpasang dengan tepat, benar dan aman serta menggunakan material listrik yang terjamin kualitasnya dan sesuai kapasitasnya.
  2. Lakukan pemeriksaan rutin, minimal setahun sekali untuk memastikan apakah instalasi listrik msaih layak untuk digunakan atau perlu direhabilitasi.
  3. Jika instalasi listrik telah terpasang lebih dari 5 (lima) tahun, sebaiknya perlu untuk direhabilitasi. Hal ini untuk menjaga agar instalasi listrik tetap layak dipergunakan dan mencegah kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
  4. Pergunakan peralatan rumah tangga elektronik yang disesuaikan dengan daya tersambung dan kapasitas/kemampuan kabel instalasi listrik yang terpasang.
  5. Jika ingin memasang, merehabilitasi atau memeriksa instalasi listrik, sebaiknya menggunakan jasa instalatir yang resmi terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia). Informasi tentang Instalatir Listrik dapat menghubungi kantor PLN terdekat.
Tips Mencegah Bahaya Listrik
  1. Jangan menumpuk stop kontak pada satu sumber listrik.
  2. Gunakan pemutus arus listrik (Sekering) yang sesuai dengan daya tersambung, jangan dilebihkan atau dikurangi.
  3. Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan dibiarkan ada yang terkelupas atau dibiarkan terbuka.
  4. Jauhkan sumber-sumber listrik seperti stop kontak, saklar dan kabel-kabel listrik dari jangkauan anak-anak.
  5. Biasakan menggunakan material listrik, seperti kabel, saklar, stop kontak, steker (kontak tusuk) yang telah terjamin kualitasnya dan berlabel SNI (Standar Nasional Indonesia) / LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) / SPLN (Standar PLN).
  6. Pangkaslah pepohonan yang ada di halaman rumah jika sudah mendekati atau menyentuh jaringan listrik.
  7. Hindari pemasangan antene televisi terlalu tinggi sehingga bisa mendekati atau menyentuk jaringan listrik.
  8. Gunakan listrik yang memang haknya, jangan mencoba mencantol listrik, mengutak-atik KWH Meter atau menggunakan listrik secara tidak sah.
  9. Biasakan bersikap hati-hati, waspada dan tidak ceroboh dalam menggunakan listrik.
  10. Jangan bosan-bosan untuk mengingatkan anak-anak kita agar tidak bermain layang-layang di bawah/dekat jaringan listrik.
Bisa ditambahkan disini adalah pemasangan ELCB (earth leakage circuit breaker) yang sekarang telah banyak digantikan dengan GFI (ground fault interrupter) atau RCD (residual-current device). Piranti ini fungsinya untuk memutuskan hubungan apabila ada kebocoran arus listrik atau apabila ada orang yang tersengat listrik. Kebanyakan piranti ini dipasang di kamar mandi (stop kontak untuk hair dryer atau electric shaver/pencukur kumis) atau service room (tempat mesin cuci), yang pada umumnya memiliki lantai basah.
Selain daripada itu, apabila memiliki rumah baru maka lebih baik meminta untuk dipasang instalasi listrik dengan sistem 3 kabel. Karena ini akan memastikan bahwa peralatan listrik anda akan memiliki pembumian/grounding yang benar. Pernahkan anda terasa kesetrum ketika memegang lemari es? Ini kemungkinan karena instalasi listrik di rumah anda tidak memakai sistem 3 kabel.




Setrika Listrik

         Setrika LISTRIK adalah peralatan LISTRIK rumah tangga yang tergolong dalam peralatan pemanas berdaya rendah.prinsip kerja setrika listtrik pada dasarnya mengubah energi LISTRIK menjadi energi panas melalau elemn pemanas dan di kumplkan pada pengumpul panas dan di gosokan pada objek yang akan di seterika.
jenis setrik LISTRIK itu ada 2 yaitu
1.Setrika jinjing
  •  Tanpa pengatur panas .setrika ini terdapat banyak waktu dulu yang masih menggunakan manual
  •  Menggunakan pengatur panas.setrika ini sudah banayak di gunakan rumah tangga di zaman                sekarang,setrika ini bekerja atas kerja otomatis pada thermostat.
  •  Dengan upa air : seterika ini tingkatan tertinggi pada dari seterika LISTRIK pada rumah tangga . seterika LISTRIK tersebut sudah menggunakan otomatis dalam pemanasnya di tamabh uap air untuk mewangini pakaian.
2.Setrika LISTRIK besa
  • Roll iron
  • Press iron
pada umunya seterika jinjing di gunakan untuk keperluan rumah tangga saja karena berdaya kecil dan kemampuanya pun kecil namun untuk seterika LISTRIK besar di gunakan pada hotel hotel,rumah sakit dan lain lain.
 kostruksi dan fungsi bagian bagian pada seterika LISTRIK:
  1.  Elemen pemanas                                                                                                                             adalah sumber energi panas atau sebagai penghasil panas pada seterika LISTRIK berupa kawat nekelin yan berbetuk pipih yang dililitkan pada lembaran mika sehingga berbetuk sedemikian rupa pada als seterika LISTRIK.cara kerjanya keteika sumber LISTRIK mengalir pada kawat nikelin maka kawat nikelin akan menghasilkan panas.
  2. Besi pengumpul panas                                                                                                                adalah alas pada seterika LISTRIK sebagai tumpuan dalam menyetrika .alas ini di lengapi dengan anti karat dan anti lengket sehingga dalam mnyetrika pada objek tidak akan lengket dan objek tersebut tidak akan rusak
  3. Pengatur panas                                                                                                                           adalah sebagai pengatur panas secara otomatis menggunakan bantuan dari komponen thermostat yang tersusun dari bahan bimetal.cara kerjanya yaitu bila panas sudah melebihi kapasitas maka pada lemepengan bimetal akan membengkok dan panas akan terrputus.
  4. Terminal dan Kabel penghubung terminal                                                                                          berfungsi sebagai tempat menghubungkan sumber LISTRIK dengan rangkaian seterika LISTRIK.kabel berfungsi sebagai penyalur LISTRIK dari sumber maupun dalam rangkain LISTRIK
  5. Besi pemberat                                                                                                                            berfungsi agar dalam menyetrika LISTRIK terdapat tekanan yang berakibat pada objek menjadi tertekan dan akan lebih rapi.


Rice Cooker (Alat Penanak Nasi Elektrik)

       Rice Cooker adalah alat penanak nasi elktrik. dalam dunia yang semakin berkembang ini ntuk menanak nasi sudah gak repot lagi karen sudah ada alat penanak nasi elektrik.semua ini memanfaatkan energi LISTRIK .dan rice cooker di kelompokan dalam alat rumah tangga karena daya yang dibutuhkan tidak besar hanya 300 watt.500 watt,800 watt dan seterusnya. dengan ini alat dapat digunakan di rumah tangga.nich rice cooker:



DI dalam rice cooker mempunyai bagian bagian penting :
  1. Bagian dalam untuk tempat menanak nasi yang terbuat dari aluminum yang telah di campur atau di bungkus dengan anti lengket.
  2. Elem pemanas . elemn pemasan bisanya berada di dalam dan berpua di tempel pada bagian dalam dan tidak mudah untuk di perbbaiki namun seakarang elem pemanas dibuat permanen jadi untuk perbaiki sukar di perbaiki.
  3. Bagian luar. bagian luar iniuntuk melindungi elemen pemanas ,dan bagian rangkaian kelistrikanya .biasanya bagian luar ini de lengkapi dengan lampu indikator bisanya lampu indikator ini berwarna hjau dan merah .
  4. Kabel penghubung.kabel ini menghubungkan arus sumber ke rice cooker.bisanya pada kabel penghubung sudah di lengkapi dengan tusuk kontak.
  5. Tutup rice cooker .penutup rice cooker biasanya terdiri dari dua : penutup dalam yang terbuat dari aluminium dan penutup luar yag terbuat dari plastik.
dengan danya rice cooker kita dapat menghemat waktu kita. kita hanya menaruh beras dan air sesuai dengan aturanya setelah itu kita tinggalpergi .gampangkan.

Tips Menghemat Listrik Komputer

Bagi Yang Menggunakan Komputer atau Laptop terlalu sering mungkin akan membengkakan biaya LISTRIK rumah anda . dan ini menjadi satu problem yang harus di pecahkan oleh anda . untuk lebih menghemat LISTRIK di rumah anda . dan sebaiknya kamu yang menggunakan komputer atau laptop sebaiknya menggunakan sistem operasi windows , karena dengan sistem ini kamu dapat mensetting beberapa setting untuk lebih menghemat LISTRIK . dan membantu mengurangi pemanasan global saat ini .

Untuk lebih jelasnya ini ada Beberapa Tips Menghemat LISTRIK Komputer anda :
  • Atur Percahayaan Pada komputer anda => hal ini sangat penting karena dengan adanya pengaturan pencahayaan pada komputer anda . dengan pencahayaan yang terlalu menonjol atau tinggi ini akan lebih menghasbiskan banyak energi LISTRIK
  • Matikan Hardisk => walapun anda tidak sedang melakukan apapun namun hardisk akan selalu membaca . karena alasan inilah hardisk akan selalu akan berputar dan akan lebih menghasibkan LISTRIK
  • Matikan saat Tidak Di gunakan => Matikan komputer anda atau alat perangkat lainya seperti speaker,kipas,modem dan lainya saat tidak di gunakan karena ini juga sangat mempengaruhi keborosan LISTRIK 
  • Mode Standby => Mode Standby ini sangat perlu jika anda ingin pergi sebentar atau di tinggal sebentar .
itulah bebrapa tips mungkin bermanfaat bagai anda semua . jika kita lebih menghemat LISTRIK maka tagihan istrik rumah kita akan lebih terjangkau dan kita juga membantu mengurangi pemanasan global saat ini.


 Cara untuk menghemat Pemakaian Listrik.
            a.   Design Rumah.
Dalam merancang rumah, usahakan sebanyak mungkin memasukkan sinar matahari ke dalam rumah, sehingga penggunaan lampu untuk penerangan pada siang hari bisa dikurangi.
Cara agar panas matahari tidak ikut masuk kedalam rumah ada beberapa alternatif, antara lain :
a.1.   Alternatif 1.
Sinar matahari yang masuk kedalam rumah harus dipecah Density atau Intensitasnya, agar sinarnya tetap bisa masuk dan memenuhi syarat untuk penerangan, tetapi tidak panas.
-     Prinsipnya adalah Sinar Matahari yang masuk kedalam rumah jangan langsung, tetapi harus dipantulkan dahulu ke bidang lain, baru boleh masuk kedalam rumah.
-     Agar hasilnya optimal, dibuat alat pemantul dan penerima Sinar Matahari.
      *    Pemantulnya merupakan Bidang Datar.
      *    Penerimanya merupakan Bidang Cekung.
                  a.1.   Alternatif 2.
Memasang Filter yang dapat menyaring sinar Ultra Violet (λ< 2000) dan Infra Red (λ > 5.000), yang merupakan unsur panas dari sinar matahari, tidak ikut masuk kedalam rumah, sedangkan yang masuk adalah Visible Light, yaitu sinar matahari yang tidak panas.
            b.   Operasional Peralatan Listrik.
                  Jangan mengoperasikan peralatan listrik jika memang tidak diperlukan.
Contoh :
                  -        Jika Kamar mandi sedang tidak digunakan, maka lampu bisa dipadamkan.
                  -        Jika TV sedang tidak di tonton, sebaiknya dimatikan.
            c.   Pemilihan Peralatan Listrik.
                  Peralatan Listrik yang dipilih haruslah yang memang hemat energi.
                  c.1.   Lampu.
                           Lampu Pijar itu boros energi.
                           Jenis yang hemat energi untuk Rumah Tangga adalah Lampu TL.
                           Di pasaran memang banyak merk Lampu TL, ada yang murah meriah (ex China) tetapi ada juga yang mahal (merk Philips).
- Lampu TL buatan China memang murah (untuk 18 Watt harganya Rp. 5.000,00 – Rp. 7.000,00), selain usia pakainya pendek (+ 6 bulan), juga sinarnya cepat redup ( terangnya cuma + 1 bulan), sehingga termasuk kategori Boros Energi (tapi masih lebih hemat dibandingkan Lampu Pijar).
- Lampu TL merk Philips memang mahal (untuk 18 Watt harganya Rp. 30.000,00), selain usianya panjang (+ 1 th), sinarnya yang terang bisa bertahan sampai 1 tahun (sampai lampunya putus).
                  c.2.   AC.
                           Jika akan membeli AC, yang harus diperhatikan adalah besaran EER, dimana :
                           EER = Cooling Capacity (BTU/h)
                                     Power Input (Watt)
                  *Angkanya makin besar, penggunaan Daya Listrik makin hemat.
 Angkanya berkisar antara 8,1 – 11,9 BTU/h/Watt.
- AC buatan China, seperti merk Chang Hong, cenderung boros energi.
- AC buatan Jepang dan Eropa, umumnya sudah Hemat Energi.
- Kapasitas AC makin kecil, penggunaan daya listrik cenderung makin Hemat.
*    AC merk National ex Jepang berkapasitas 5.000 BTU/h (atau istilah pasarannya ½ PK), nilai EER bisa 11,9 BTU/h/Watt.
*    AC merk Train kapasitas 27.000 BTU/h (3 PK), nilai EER berkisar 8,5 – 9 BTU/h/Watt.
                           Penjelasan Tambahan :
- Kalau mau beli AC, yang dilihat bukan besaran PK, tetapi besaran Kapasitas Pendinginannya dalam satuan BTU/h.
- Istilah PK atau Daya Kuda (setara 745 watt) saat ini sudah tidak lagi digunakan dalam perencanaan unit AC, karena :
*    AC ex China                                          :  1 PK = 7.000 BTU/h.
*    AC ex Jepang atau Eropa/ Amerika       :  1 PK = 9.000 BTU/h.
*    AC ex Korea                                          :  1 PK < 9.000 BTU/h
- Untuk Rumah Tinggal dengan ketinggian Plafon 3 m, untuk mendapatkan temperatur ruang (25 + 1) 0C, saat siang hari memerlukan Kapasitas Pendinginan 500 BTU/h/m2, sedangkan pada malam hari 350 BTU/h/m2.
                  c.3.   Peralatan lain.
                           Untuk peralatan lain seperti Pompa Air, Lemari Es, Kompor Listrik, dsb cara memilihnya pada prinsipnya sama : Cari yang kinerjanya tinggi tapi penggunaan daya listriknya kecil.
- Kalau mau aman, beli merk terkenal buatan Jepang, Eropa atau Amerika, karena biasanya merk terkenal dari negara – negara tersebut selalu menjaga kualitas produknya : Kinerja Tinggi tetapi penggunaan Daya Listrik Rendah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar